Langsung ke konten utama

Strategi Bisnis Digital pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

 



        Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini semakin bertambah terlebih lagi di masa transformasi pemulihan perekonomian di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena UMKM merupakan posisi yang cukup strategis dalam perekonomian Indonesia dan dibuktikan dengan UMKM yang telah berhasil menjadi lapangan kerja sebesar 50% sampai dengan 95%.

        Pada era digitalisasi saat ini, strategi pemasaran pada sektor UMKM dituntut untuk beradaptasi dengan cepat sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen yang semakin kompleks. Marketing digital menjadi suatu hal yang wajib dari tahun ke tahun baik oleh perusahaan mikro, kecil maupun perusahaan besar.

        Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kontributor ekonomi yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Di era digital saat ini, adopsi strategi bisnis digital menjadi sangat penting bagi UMKM untuk memperluas jangkauan bisnis mereka, meningkatkan penjualan, dan membina hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Pentingnya Strategi Bisnis Bagi UMKM

        Strategi Bisnis Digital pada UMKM diterapkan sebagai langkah adaptasi untuk dapat bertahan dan bertransformasi menjadi UMKM unggulan di era revolusi industri 4.0. Selain itu, strategi digital marketing juga dapat membantu UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan yang lebih baik. Dengan menekan biaya promosi, UMKM dapat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan produk dan layanan yang lebih baik. Dengan demikian, strategi digital marketing dapat membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.


Penerapan Strategi Bisnis pada UMKM

        Menerapkan strategi bisnis digital dalam UMKM dapat membantu mereka dalam mengatasi keterbatasan sumber daya dan persaingan dengan perusahaan yang lebih besar. Selain itu, pemerintah secara aktif mempromosikan digitalisasi di kalangan UMKM dengan target mendaftarkan 30 juta UMKM dalam program-program tersebut pada tahun 2024.

Berikut beberapa strategi bisnis digital yang dapat digunakan oleh UMKM:

1.     Membangun dan mengoptimalkan situs web

Situs web yang dirancang dan dioptimalkan dengan baik dapat meningkatkan visibilitas UMKM di mesin pencari serta memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

2.     Memanfaatkan media sosial

Media sosial dapat digunakan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, dan meningkatkan kesadaran mereka.

3.     Memanfaatkan influencer atau Key Opinion Leaders (KOL)

Influencer atau Key Opinion Leaders dapat membantu pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk mereka.

4.     Menerapkan promosi digital

Promosi digital seperti iklan online, pemasaran melalui email, dan Google Bisnisku dapat membantu UMKM menjangkau basis konsumen yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

5.     Menggunakan alat analisis

Alat analisis seperti Google Analytics dapat membantu pelaku UMKM dalam memantau dan menganalisis kinerja strategi bisnis digital mereka, sehingga mereka dapat mengoptimalkan strategi bisnis untuk hasil yang lebih baik.


Tujuan Strategi Bisnis bagi UMKM

        Strategi bisnis sangat penting bagi UMKM karena strategi dalam manajemen akan mampu untuk memberikan fondasi dasar atau pedoman dalam hal pengambilan keputusan di suatu organisasi. UMKM akan memperoleh keuntungan yang optimal dan mampu untuk mengelola risiko kerugian jika manajemen strategi mereka berjalan dengan baik.


Kesimpulan

        Strategi bisnis digital sangat penting bagi UMKM untuk memperluas jangkauan bisnis mereka, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Beberapa strategi bisnis digital yang dapat dilakukan oleh UMKM antara lain membuat dan mengoptimalkan situs web, memanfaatkan media sosial, menggunakan influencer atau KOL, melakukan promosi digital, dan menggunakan alat analisis. Dengan menerapkan strategi bisnis digital yang tepat, UMKM dapat bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dan berkontribusi pada penguatan ekonomi Indonesia.